Berita Terkini Ekonomi Indonesia Terbaru Hari Ini

ekonomi indonesia

“Turunnya proyeksi disebabkan oleh efek dari Covid-19 yang menekan pertumbuhan ekonomi di semester pertama tahun ini, ” ujar Vice President Senior Credit Officer Moody’s Madhavi Bokil. Untuk konsumsi rumah tangga pemerintah memproyeksi hanya tumbuh di kisaran 0 persen hingga minus 1, 3 persen. Meski begitu, pemerintah tetap harus melakukan perluasan bantuan maupun stimulus kepada masyarakat yang benar-benar terdampak pandemi, agar dapat menggenjot konsumsi. Jadi tujuannya adalah untuk menyelamatkan masyarakat supaya tetap bertahan hidup, ” kata Piter. Pelonggaran aktivitas, bantuan, serta stimulus yang digelontorkan pemerintah selama ini dinilai bertujuan agar perekonomian tidak mati, bukan untuk kembali normal. Sebab, virus korona yang menjadi akar permasalahan penyebab pelambatan aktivitas ekonomi belum tertangani optimal.

4, 88 di tahun 2015; 5, 03 di tahun 2016; 5, 07 di tahun 2017; dan 5, 17 di tahun 2018, ” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Selasa (25/6/2019) siang. Oleh sebab itu, pemerintah daerah perlu meningkatkan kewaspadaan dan memastikan fasilitas kesehatan yang tersedia memadai. Pandemi COVID-19 membuat tahun 2020 menjadi tahun yang sulit untuk seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Selain itu, persentase pekerja formal juga menurun 4, 59 persen menjadi 39, 53 persen dari total 128, 45 juta pekerja. Dari sisi wilayah, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 58, 88 persen. Namun, semua pulau mengalami kontraksi ekonomi dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Sebanyak 1, 77 juta orang sementara tidak bekerja karena COVID-19 dan 24, 03 juta orang merupakan bekerja dengan pengurangan jam kerja karena COVID-19. Bank Dunia menaikkan kelas Indonesia dari negara berpendapatan menengah bawah (lower-middle income country) menjadi negara berpendapatan menengah atas (upper-middle income country). Untuk itu, partisipasi ini juga diharapkan mampu membuka gerbang investasi, meningkatkan diplomasi ekonomi dan budaya, serta mendorong ekspor kerjasama industri dan transfer teknologi.

Sektor pariwisata menjadi terdampak pertama kali dengan potensi kerugian pendapatan devisa nasional mencapai 2 milyar dolar Amerika Serikat. “Angka tersebut dari hasil simulasi berdasarkan perhitungan catatan 2019, ada 2 juta turis asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia dengan rata-rata lama tinggal 6 hari dan menghabiskan 157 dolar per orang per hari, ” terang peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Panky Tri Febiansyah. Dirinya menjelaskan, asumsi perhitungan ini dapat dipakai sebagai prediksi untuk 2020 bahwa turis asal Tiongkok akan menunda atau membatalkan perjalanannya ke Indonesia. Menko Perekonomian menyatakan Indonesia masih memiliki daya tarik sebagai negara tujuan investasi berdasarkan penilaian The Economist dan IMF. Berdasarkan penilaian IMD World Competitiveness Yearbook, peringkat daya saing Indonesia juga naik 11 peringkat dari peringkat 43 menjadi peringkat 32 pada tahun 2019, serta menjadi negara dengan peningkatan tertinggi di Asia Pasifik. “Kita tetap mampu mencetak pertumbuhan ekonomi yang konsisten naik dari tahun ke tahun.

ekonomi indonesia

Hal itu terlihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar rupiah dalam beberapa pekan terakhir. Meskipun volatilitas sektor keuangan mulai mereda, namun ketidakpastian masih cukup tinggi mengingat hingga saat ini penyelesaian COVID-19 masih belum dapat dipastikan. Kata Sri Mulyani, titik balik aktivitas ekonomi juga tercermin dari tren peningkatan penerimaan perpajakan yang dipengaruhi oleh berbagai kebijakan relaksasi dan pemberian insentif pemerintah. Hasil survei BPS juga menunjukkan jumlah pengangguran pada Agustus 2020 meningkat 2, 67 juta menjadi 9, 77 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Hingga 30 Mei 2020, jumlah kasus yang terkonfirmasi di Indonesia mencapai 25. 773 individu, dimana 7. 015 pasien dinyatakan sembuh dan 1. 573 orang di antaranya meninggal dunia. Sayangnya, kapasitas tes harian di Indonesia per 25 Mei 2020 masih cenderung kecil, yaitu 0, 02 orang per 1. 000 penduduk. Kapasitas tes tersebut masih kalah jauh dengan negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura yang mencapai 0, 27 dan 0, 68 orang per 1. 000 penduduk. Akibatnya, data jumlah kasus yang dilaporkan kemungkinan lebih rendah dari yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Peningkatan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat perlu terus diupayakan oleh setiap pemerintahan, dengan memastikan implementasi visi misi dalam bentuk RPJMN, RKP, program dan kegiatan sektoral berjalan di tataran praksis. Perkembangan ekonomi global yang terjadi dewasa ini yang menuntut “kecepatan” dalam mentrasformasikan ekonomi, agar inheren dengan upaya menciptakan keadilan dan kemakmuran bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, yang sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi setiap periode pemerintahan. Di pasar keuangan, Presiden Jokowi menilai kepercayaan investor juga terus meningkat.